Bebengan - SOSIALISASI DAK SANITASI 2024

SOSIALISASI DAK SANITASI 2024

Sebanyak 50 KK warga Desa Bebengan penerima bantuan DAK Sanitasi 2024 mengikuti sosialisasi pelaksanaan DAK Sanitasi 2024 oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Kendal pada hari Selasa, 24 April 2024 bertempat di Balai Desa Bebengan.

DAK Sanitasi ini merupakan suatu program dari Pemerintah Kabupaten Kendal melalui DPUPR yang bertujuan untuk untuk mewujudkan perilaku hidup bersih dan sehat. Adapun wujud dari Program DAK Bidang Sanitasi ini berupa pembangunan tangki septick skala individual beserta bangunan biliknya dalam rangka mengentaskan BABS, Konvergensi Stunting, dan sebagai pilot project untuk menuju Sanitasi layak.

Kepala Desa Bebengan mengatakan saat ini, di salah satu dusun banyak sorotan mengenai kurangnya akses sanitasi. Hal ini lebih disebabkan karena budaya turun temurun bahwasanya limbah banyak dibuang ke saluran air yang melewati dusun tersebut. Memang debit airnya deras sehingga limbah langsung tidak terlihat.

Adapun nantinya, DAK Sanitasi 2024 ini akan dilaksanakan secara swakelola oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Sejahtera. Kepala Desa Bebengan berharap, melalui program DAK Sanitasi ini wilayah Desa Bebengan benar-benar bebas ODF serta kesadaran masyarakat akan perilaku hidup bersih dan sehat akan meningkat.


Dipost : 25 April 2024 | Dilihat : 18

Share :